[Iklan : RAJA SNACK & DAPUR CINTA]

Seleksi Paskibraka Surabaya 2025 Resmi Dibuka

Seleksi Paskibraka Surabaya
SELEKSI: Anggota Paskibraka Surabaya tahun lalu saat upacara tampak mencium bendera Merah Putih. (Foto: JP/DISKOMINFO)

SURABAYA (JP) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya resmi membuka pendaftaran seleksi Calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Surabaya tahun 2025.

Proses pendaftaran seleksi di Surabaya berlangsung mulai 3 hingga 28 Februari ini melalui aplikasi Transparansi Paskibraka di laman resmi paskibraka.bpip.go.id.

Ketentuan itu tertuang dalam Surat Nomor 400.14.1.1/1987/436.8.6/2025 tentang Pengumuman Pendaftaran Paskibraka Kota Surabaya Tahun 2025, yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya, Ikhsan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Surabaya, Maria Theresia Ekawati Rahayu, menuturkan bahwa pendaftaran calon Paskibraka Surabaya 2025 secara daring.

“Setelah pendaftaran tutup pada 28 Februari. Kemudian tanggal 3-6 Maret itu adalah seleksi administrasi dari persyaratan yang sudah tersampaikan secara online,” ujarnya, Selasa (4/2).

Untuk mengikuti seleksi, calon peserta harus memenuhi beberapa persyaratan. Di antaranya, WNI, pelajar kelas X dengan usia 16-18 tahun pada 17 Agustus 2025.

READ  ICMI Dijamu Pemkot Surabaya Menyusuri Sungai Kalimas

Selain itu, calon peserta harus mendapat izin tertulis dari kepala sekolah dan persetujuan tertulis dari orang tua atau wali.

Beberapa syarat lain bagi calon peserta adalah memiliki nilai akademik minimal kategori baik serta sehat jasmani dan rohani dengan dibuktikan surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan pemerintah.

Di samping itu, calon peserta juga harus memenuhi kriteria tinggi badan ideal, untuk putra 170-180 sentimeter dan putri 165-175 sentimeter. Menurut dia, terdapat perbedaan persyaratan tinggi badan untuk seleksi tahun ini.

Ketentuan itu sebelumnya sudah disampaikan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) pada Januari kemarin. “Tahun 2024 lalu, untuk putri syarat tingginya adalah 163 sentimeter. Sementara untuk putra, yakni 165 sentimeter,” jelas Yayuk, panggilan lekatnya.

Selama proses pendaftaran, calon peserta juga wajib mengunggah beberapa dokumen persyaratan. Meliputi foto formal dengan seragam sekolah, kartu keluarga (KK), surat izin dari kepala sekolah, surat persetujuan dari orang tua atau wali dan surat pernyataan kesediaan mematuhi peraturan program Paskibraka.

READ  Halal Bihalal Pemkot Batu Perkuat Silaturrahmi dan Kolaborasi

Selain itu, juga wajib mengunggah surat pernyataan persetujuan pemeriksaan kesehatan (informed consent), salinan halaman rapor yang mencantumkan nilai akademik, surat keterangan sehat dari fasilitas kesehatan pemerintah serta surat pernyataan kesehatan gigi dan mulut.

Beberapa dokumen seperti surat izin kepala sekolah, surat persetujuan orang tua/wali, dan surat pernyataan kesehatan gigi dan mulut dapat mengunduh melalui tautan https://s.id/Formulir_Pendaftaran_Paskibraka_Tahun_2025.

Ia juga menerangkan, bahwa seleksi calon akan melalui beberapa tahapan. Terdiri dari seleksi, yaitu Administrasi, Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Intelegensi Umum, Kesehatan, Parade, Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan Kesamaptaan. Serta Kepribadian.

“Bagi seluruh calon peserta yang memenuhi persyaratan administrasi, akan selanjutnya tes lanjutan hingga tahap akhir. Yaitu wawancara pada bulan April 2025,” ungkap Yayuk.

Dari seluruh tahapan seleksi, Yayuk menjelaskan, bahwa bakesbangpol akan memilih 50 peserta putra dan 50 peserta putri terbaik.

Selanjutnya, akan mengajukan seluruh peserta ini ke BPIP untuk seleksi lebih lanjut. “BPIP yang akan menentukan siapa yang berhak menjadi calon paskibraka 2025 berdasarkan hasil seleksi. Harapannya, kita bisa mendapatkan calon paskibraka terbaik untuk Kota Surabaya,” bebernya.

READ  Whisnu Sakti Buana Mantan Wali Kota Surabaya Tutup Usia

Yayuk pun mengajak seluruh siswa-siswi SMA/SMK dan Madrasah Aliyah (MA) di Surabaya yang memenuhi persyaratan untuk segera mendaftar.

Ia berharap para pelajar dapat berpartisipasi aktif dalam seleksi paskibraka sebagai wujud kontribusi bagi Kota Surabaya.

“Karena ini adalah kesempatan membawa nama Kota Surabaya di tingkat Provinsi Jawa Timur. Bahkan mungkin kita bisa mengirimkan wakil Surabaya ke tingkat nasional,” pungkasnya.

Sebagai informasi, pendaftaran dan pengunggahan dokumen hanya dapat melakukan satu kali di tingkat kota/kabupaten.

Oleh karena itu, mengimbau calon peserta agar memastikan seluruh dokumen telah lengkap sebelum mendaftar. Informasi lebih lanjut mengenai jadwal dan lokasi seleksi dapat mengakses. Melalui akun masing-masing peserta di laman paskibraka.bpip.go.id atau melalui media sosial resmi Pemkot Surabaya. (*)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *