[Iklan : RAJA SNACK & DAPUR CINTA]

Optimalisasi IKD dan Perbankan Mulai Disosialisasikan di Surabaya

optimalisasi ikd
OPTIMALISASI IKD: Para peserta mengecek Identitas Kependudukan Digital-nya dengan layanan aplikasi perbankan. (JP/KOMINFO)

SURABAYA (JP) – Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) menggelar sosialisasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Sosialisasi tersebut bersama bank plat merah di Jatim dan DP3AK Provinsi Jatim pada 17-18 Juli 2023 di sebuah hotel.

Sosialisasi sekaligus forum komunikasi (Forkom) Kadispendukcapil se-Jawa Timur dengan tema “Sinergitas Pemanfaatan Identitas Kependudukan Digital (IKD) untuk Bank Jatim”.

Kadispendukcapil Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan, sosialisasi ini untuk optimalisasi pemanfaatan IKD dalam pelayanan perbankan.

Mengingat IKD adalah bagian dari pelengkap KTP-el yang selama ini dalam bentuk fisik dan terus berkembang sesuai fungsi peruntukannya. 

READ  Pelatihan dan Sertifikasi Askom Konstruksi PT ULI

“Kini penerapan IKD sudah bisa dalam pelayanan perbankan khususnya di Bank Jatim.”

“Program ini juga telah launching pada 27 Juni 2023 lalu,” kata Agus, Rabu (19/7/2023).

Agus menyampaikan, IKD merupakan program yang selaras dengan visi misi bank yang mengutamakan akselerasi kinerja dan transformasi bisnis sehat, menuju digitalisasi bank dengan SDM yang berdaya saing tinggi.

IKD juga tepat untuk mendorong percepatan pelayanan perbankan secara efektif dan efisien.

Agus menambahkan, ke depannya pemanfaatan IKD akan terus hingga ke institusi pemberi pelayanan yang membutuhkan identitas kependudukan.

Seperti pelayanan di BPN, Notaris, Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP), dan perangkat pemerintahan dalam pelayanan publik lainnya.

READ  Yayasan Indonesia Menegakkan Sunnah Khitan Laser 60 Anak

Senada Kepala Cabang Utama Bank Yohannes Koento menyampaikan, peran IKD sangat penting bagi dunia perbankan. Selain sebagai alternatif identitas kependudukan dalam bentuk KTP-el, IKD dapat mempercepat pelayanan perbankan terutama di Bank Jatim. 

“Kita selaku mitra dari Pemkot Surabaya menyambut baik inisiasi Wali Kota (Eri Cahyadi) melalui Dukcapil Surabaya yang ingin membagikan praktik kemajuan ini.”

“Sehingga kami dalam kesempatan ini turut mengajak seluruh cabang Bank Jatim di kabupaten dan kota di Jatim untuk mengadakan sosialisasi menggunakan (tanda pagar) #IKD4Banking,” ujar Koento.

Koento berharap, sosialisasi itu bisa semakin mempererat kolaborasi antara dukcapil kota/kabupaten dengan cabang bank kota/kabupaten di seluruh Jatim. 

Tak hanya itu, ia juga berharap pemanfaatan IKD semakin optimal dan memudahkan kehidupan masyarakat. Bahkan, pada sosialisasi kemarin juga terkait mekanisme pemanfaatan IKD pada bank.

READ  Komisi B Minta Night Zoo KBS Diuji Sebelum Beroperasi

“Jadi, nasabah bank cukup menunjukkan QR Kode IKD kepada teller untuk dipindai pada sistem. Besar harapan, kedepannya IKD tak hanya berkutat dengan tagar #IKD4Banking, namun juga berkembang menjadi IKD for everything,” harapnya. 

Sementara itu, Kepala DP3AK Restu Novi menambahkan, dalam hal ini dia sepakat akan pentingnya sinergitas itu di seluruh kota/kabupaten di Jatim. Sehingga sosialisasi IKD akan berjalan optimal.

“Untuk mengoptimalkan pemanfaatan IKD bisa melalui sosialisasi kepada warganya masing-masing, mengadakan pelayanan aktivasi IKD bagi karyawan hingga nasabah bank.”

“Hal itu dapat terlaksana dalam acara-acara perbankan atau pemerintahan,” pungkas Restu. (*/kmf/red)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *